Ketimpangan Pembangunan di Provinsi Jawa Timur
Pendahuluan
Latar
Belakang
Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator penting untuk
melihat perkembangan suatu wilayah. Secara umum, ekonomi dikatakan mengalami
pertumbuhan saat PDB (untuk tingkat negara) atau PDRB (untuk tingkat provinsi)
mengalami kenaikan dari periode sebelumnya.
Dalam teori klasik disebutkan bahwa semakin tinggi tingkat pertumbuhan
ekonomi-nya semakin sejahtera pula masyarakat
Namun pada praktiknya, pertumbuhan ekonomi yang pesat tidak secara
otomatis meningkatkan taraf hidup masyarakat. Menurut Lincoln(1990) tingkat
pertumbuhan ekonomi yang tinggi hanya memberikan sedikit manfaat dalam upaya
pengentasan kemiskinan. Karena terjadi trade off antara pertumbuhan ekonomi dan
distribusi pendapatan. Tanpa adanya pemerataan distribusi pendapatan, jurang
ketimpangan akan semakin lebar.
Ketimpangan juga terjadi antar wilayah disebabkan oleh perbedaan
sumber daya yang tersedia, kemampuan pembangunan, lokasi geografis, perbedaan
infrastruktur ataupun Karena terdapat prioritas pembangunan yang menomor
satukan wilayah tertentu. Dan sebab-sebab lain
terdapat berbagai indikator yang bisa digunakan untuk menganalisis
ketimpangan pembangunan tersebut, seperti PDRB per kapita yang mengukur rata-rata
pendapatan individu di suatu wilayah, indeks gini yang mengukur ketimpangan
pendapatan di suatu wilayah dan indeks Williamson yang secara garis besar
mengukur seberapa kesenjangan yang ada pada suatu pembangunan pada suatu
wilayah.
Dan provinsi jawa timur sebagai salah satu provinsi di Indonesia
juga tidak lepas dari masalah ketimpangan tersebut. Sehingga perlu diadakan
pemerataan dan pengentasan kemiskinan demi mencapai tujuan dari pembangunan
ekonomi.
Gambaran
Umum Jawa Timur
Kondisi geografis
Secara Geografis, Provinsi Jawa Timur Terlerak diantara 111°0' –
114°4' Bujur Timur dan 7°12' – 8°48' Lintang Selatan , dengan luas wilayah
sebesar 47.963 km2. Jawa timur sendiri memiliki dua bagian utama, yaitu jawa
timur daratan dan pulau Madura. Jawa timur daratan sendiri memiliki luas
sebesar 42.541 km2, atau 88,70% dari luas keseluruhan, sementara pulau Madura
sendiri memiliki luas sebesar 5.422 km2 , atau 11,30% persen dari luas
keseluruhan.
Secara administratif Jawa Timur terbagi menjadi 29 kabupaten dan 9
kota dengan Kota Surabaya sebagai ibukota provinsi, menjadikannya provinsi
dengan jumlah kabupaten/kota terbanyak di Indonesia. Jawa Timur terbagi dalam 4
Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil ), sebagai berikut :
1.
Bakorwil I Madiun meliputi Kota
Madiun, Kab. Madiun, Kab. Magetan, Kab. Ponorogo, Kab. Ngawi, Kab. Trenggalek,
Kab. Tulungagung, Kota Blitar, Kkab. Blitar, dan Kab. Nganjuk.
2.
Bakorwil II Bojonegoro meliputi
Kab. Bojonegoro, Kab. Tuban, Kota Mojokerto, Kota Kediri, kab. Kediri, Kab.
Jombang, dan Kab. Lamongan.
3.
Bakorwil III Malang, meliputi
Kota Malang, Kab. Malang, Kota Batu, Kota Pasuruan, Kab. Pasuruan, Kota
Probolinggo, kab. Probolinggo, kab. Lumajang, kab. Jember, Kab. Bondowoso, Kab.
Situbondo dan Kab. Banyuwangi.
4.
Bakorwil IV Pamekasan meliputi,
Kota Surabaya, Kab. Sidoarajo, kab. Gresik, kab. Bangkalan, Kab. Sampang, Kab.
Pamekasan, dan kab Sumenep.
Jawa Timur mempunyai posisi yang strategis di bidang Industri karena
diapit oleh dua provinsi besar yaitu Jawa Tengah dan Bali, sehingga menjadi
pusat pertumbuhan industri maupun perdagangan. Dengan kontribusi terhadap
PDB nasional mencapai 15%.
Demografi
Berdasarkan
data dari Badan Pusat Statistik, pada tahun 2021 jumlah penduduk di
Provinsi Jawa timur sebanyak 40.878.789 Jiwa.
Dengan Penduduk usia kerja, yaitu penduduk yang berusia 15 tahun sampai
dengan 65 tahun tercatat sebesar 28.667.846 ribu orang atau sekitar 70,13%. Penduduk usia 0-14 berjumlah 8.646.330 jiwa atau 21,15% dan
penduduk di atas 65 tahun berjumlah 3.564.613 atau 8,72%.
kelompok umur |
Laki-laki |
Perempuan |
Laki-laki + Perempuan |
|||
2020 |
2021 |
2020 |
2021 |
2020 |
2021 |
|
0-4 |
1.438.430 |
1.427.326 |
1.373.518 |
1.362.694 |
2.811.948 |
2.790.020 |
5-9 |
1.499.156 |
1.486.492 |
1.434.146 |
1.424.729 |
2.933.302 |
2.911.221 |
10-14 |
1.521.143 |
1.514.057 |
1.434.785 |
1.431.032 |
2.955.928 |
2.945.089 |
15-19 |
1.551.061 |
1.538.191 |
1.469.867 |
1.455.596 |
3.020.928 |
2.993.787 |
20-24 |
1.591.142 |
1.576.373 |
1.521.923 |
1.506.642 |
3.113.065 |
3.083.015 |
25-29 |
1.593.267 |
1.587.306 |
1.544.739 |
1.533.985 |
3.138.006 |
3.121.291 |
30-34 |
1.585.498 |
1.582.904 |
1.564.312 |
1.557.803 |
3.149.810 |
3.140.707 |
35-39 |
1.555.558 |
1.554.349 |
1.558.255 |
1.553.305 |
3.113.813 |
3.107.654 |
40-44 |
1.539.507 |
1.542.168 |
1.571.149 |
1.569.852 |
3.110.656 |
3.112.020 |
45-49 |
1.443.591 |
1.458.732 |
1.487.121 |
1.501.890 |
2.930.712 |
2.960.622 |
50-54 |
1.334.131 |
1.351.656 |
1.384.373 |
1.402.898 |
2.718.504 |
2.754.554 |
55-59 |
1.152.450 |
1.178.966 |
1.201.876 |
1.233.457 |
2.354.326 |
2.412.423 |
60-64 |
941.460 |
968.655 |
979.252 |
1.013.118 |
1.920.712 |
1.981.773 |
65+ |
1.545.198 |
1.627.105 |
1.848.788 |
1.937.508 |
3.393.986 |
3.564.613 |
Jumlah |
20.291.592 |
20.394.280 |
20.374.104 |
20.484.509 |
40.665.696 |
40.878.789 |
Pada periode 2020-2021, terjadi pertumbuhan penduduk sebesar 0,52%.
Atau penambahan 213.093 jiwa dari jumlah awal pada tahun 2020 sebesar
40.665.696 jiwa. Pada tahun 2021, kabupaten dengan jumlah penduduk
terbanyak di Provinsi Jawa Timur adalah kabupaten malang dengan jumlah
penduduk sebesar 2.668.296 jiwa, sedangkan kota dengan jumlah penduduk
terbanyak adalah kota surabaya dengan jumlah penduduk sebesar 2.880.284
jiwa.
Kabupaten/Kota Se Jawa Timur |
Laki-laki |
Perempuan |
Laki-laki + Perempuan |
2021 |
2021 |
2021 |
|
Kabupaten Pacitan |
295.163 |
293.945 |
589.108 |
Kabupaten Ponorogo |
477.428 |
478.411 |
955.839 |
Kabupaten Trenggalek |
369.196 |
365.692 |
734.888 |
Kabupaten Tulungagung |
548.563 |
548.025 |
1.096.588 |
Kabupaten Blitar |
620.060 |
610.953 |
1.231.013 |
Kabupaten Kediri |
830.315 |
814.085 |
1.644.400 |
Kabupaten Malang |
1.344.541 |
1.323.755 |
2.668.296 |
Kabupaten Lumajang |
557.352 |
569.742 |
1.127.094 |
Kabupaten Jember |
1.271.535 |
1.278.825 |
2.550.360 |
Kabupaten Banyuwangi |
860.245 |
858.217 |
1.718.462 |
Kabupaten Bondowoso |
383.325 |
395.200 |
778.525 |
Kabupaten Situbondo |
337.859 |
350.478 |
688.337 |
Kabupaten Probolinggo |
570.237 |
585.657 |
1.155.894 |
Kabupaten Pasuruan |
806.505 |
805.300 |
1.611.805 |
Kabupaten Sidoarjo |
1.052.978 |
1.038.952 |
2.091.930 |
Kabupaten Mojokerto |
566.019 |
559.503 |
1.125.522 |
Kabupaten Jombang |
668.443 |
657.471 |
1.325.914 |
Kabupaten Nganjuk |
558.087 |
551.596 |
1.109.683 |
Kabupaten Madiun |
371.712 |
378.431 |
750.143 |
Kabupaten Magetan |
331.598 |
342.535 |
674.133 |
Kabupaten Ngawi |
433.525 |
439.821 |
873.346 |
Kabupaten Bojonegoro |
656.564 |
651.038 |
1.307.602 |
Kabupaten Tuban |
600.785 |
602.342 |
1.203.127 |
Kabupaten Lamongan |
678.500 |
677.527 |
1.356.027 |
Kabupaten Gresik |
664.874 |
655.696 |
1.320.570 |
Kabupaten Bangkalan |
528.275 |
543.437 |
1.071.712 |
Kabupaten Sampang |
484.721 |
491.299 |
976.020 |
Kabupaten Pamekasan |
418.577 |
434.930 |
853.507 |
Kabupaten Sumenep |
545.236 |
584.586 |
1.129.822 |
Kota Kediri |
144.174 |
143.788 |
287.962 |
Kota Blitar |
74.811 |
75.560 |
150.371 |
Kota Malang |
420.383 |
424.550 |
844.933 |
Kota Probolinggo |
119.577 |
121.625 |
241.202 |
Kota Pasuruan |
104.788 |
104.740 |
209.528 |
Kota Mojokerto |
66.089 |
67.183 |
133.272 |
Kota Madiun |
96.277 |
100.640 |
196.917 |
Kota Surabaya |
1.427.872 |
1.452.412 |
2.880.284 |
Kota Batu |
108.091 |
106.562 |
214.653 |
Jawa Timur |
20.394.280 |
20.484.509 |
40.878.789 |
Jumlah angkatan kerja yaitu penduduk usia kerja (15-64 tahun) Yang
sudah bekerja, atau punya pekerjaan namun sementara tidak bekerja dan
pengangguran, terkecuali yang masih sekolah, mengurus rumah tangga atau
melaksanakan kegiatan lainnya selain kegiatan pribadi, pada Agustus 2021 tercatat
sebesar 22,32 juta jiwa, bertambah 55,03 ribu jiwa dibandingkan Agustus 2020
Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Agustus 2021 berada di angka
5,74%, turun 0,10% jika dibandingkan kondisi Agustus 2020. TPT di Jatim pada
Agustus 2021 lebih rendah 0.75 poin dibandingkan TPT Nasional pada Agustus 2021
yang ada di tingkat 6,49%. Meskibun demikian, tingkat pengangguran terbuka
tersebut masih tidak memenuhi target yang tercantum dalam RKPD Jatim tahun 2021
dengan target TPT dalam kisaran 4,01% -3,96 %.
Ekonomi
Untuk melihat
kondisi perekonomian suatu daerah, lumrah digunakan data PDRB dan PDRB per
kapita dari daerah tersebut sebagai indikator awal. PDRB adalah jumlah
keseluruhan dari nilai tambah barang dan jasa yang dihasilkan berdasarkan semua
kegiatan perekonomian di seluruh wilayah dalam periode tahun tertentu yang pada
umumnya dalam kurun waktu satu tahun. Sementara itu PDRB per kapita merupakan
PDRB suatu daerah dibagi dengan jumlah penduduk yang tinggal di daerah itu. PDRB
per kapita menunjukkan nilai PDRB per kepala atau per satu orang penduduk.
Semakin tinggi PDRB per kapita di suatu wilayah, diharapkan semakin tinggi pula
kesejahteraannya.
Kab/Kota dg Total 38 Kab/Kota |
PDRB Dalam Miliar Rupiah |
PDRB Per Kapita Dalam Rupiah |
||
2020 |
2021 |
2020 |
2021 |
|
Pacitan |
15.785 |
16.381 |
26.931.805 |
27.806.446 |
Ponorogo |
20.513 |
21.350 |
21.608.144 |
22.336.398 |
Trenggalek |
18.314 |
19.198 |
25.049.068 |
26.123.709 |
Tulungagung |
38.226 |
40.166 |
35.076.965 |
36.628.159 |
Blitar |
36.024 |
37.819 |
29.437.505 |
30.721.853 |
Kediri |
40.626 |
42.690 |
24.843.239 |
25.960.837 |
Malang |
102.027 |
107.036 |
38.436.240 |
40.113.990 |
Lumajang |
32.062 |
33.678 |
28.645.943 |
29.880.383 |
Jember |
76.040 |
81.068 |
29.975.610 |
31.786.885 |
Banyuwangi |
81.102 |
85.916 |
47.480.437 |
49.995.868 |
Bondowoso |
19.935 |
21.052 |
25.684.435 |
27.040.879 |
Situbondo |
20.041 |
21.200 |
29.215.691 |
30.798.867 |
Probolinggo |
33.721 |
35.605 |
29.258.063 |
30.802.998 |
Pasuruan |
145.592 |
157.150 |
90.656.793 |
97.499.387 |
Sidoarjo |
197.240 |
210.643 |
94.699.398 |
100.693.140 |
Mojokerto |
81.940 |
87.261 |
73.212.421 |
77.529.360 |
Jombang |
39.870 |
41.747 |
30.248.956 |
31.485.451 |
Nganjuk |
26.601 |
28.053 |
24.097.248 |
25.280.193 |
Madiun |
18.917 |
19.760 |
25.414.120 |
26.341.644 |
Magetan |
18.771 |
19.587 |
27.982.505 |
29.055.097 |
Ngawi |
20.271 |
20.814 |
23.298.474 |
23.832.479 |
Bojonegoro |
70.258 |
83.439 |
53.976.729 |
63.810.701 |
Tuban |
62.323 |
65.901 |
52.022.016 |
54.774.766 |
Lamongan |
39.169 |
41.042 |
29.140.024 |
30.266.359 |
Gresik |
134.268 |
144.435 |
102.399.683 |
109.373.225 |
Bangkalan |
23.290 |
24.664 |
21.963.886 |
23.013.645 |
Sampang |
19.842 |
20.591 |
20.462.125 |
21.096.904 |
Pamekasan |
16.793 |
17.659 |
19.755.146 |
20.689.930 |
Sumenep |
32.750 |
35.187 |
29.125.713 |
31.143.844 |
Kota Kediri |
132.406 |
141.467 |
461.673.106 |
491.269.681 |
Kota Blitar |
6.708 |
7.113 |
44.975.159 |
47.303.004 |
Kota Malang |
72.163 |
76.617 |
85.520.437 |
90.678.196 |
Kota Probolinggo |
11.074 |
11.699 |
46.209.248 |
48.502.915 |
Kota Pasuruan |
8.047 |
8.491 |
38.686.384 |
40.524.417 |
Kota Mojokerto |
6.588 |
6.935 |
49.745.534 |
52.036.437 |
Kota Madiun |
13.769 |
14.699 |
70.546.945 |
74.645.663 |
Kota Surabaya |
554.509 |
590.228 |
192.918.728 |
204.920.070 |
Kota Batu |
15.916 |
16.841 |
74.706.871 |
78.456.858 |
Jawa Timur |
2.303.505 |
2.455.200 |
56.644.918 |
60.060.488 |
PDRB Jawa timur pada tahun 2021 berada diangka Rp2.455,200 Triliun, mengalami
kenaikan Rp151,695 Triliun atau sekitar 6,5% dibandingkan tahun 2020 dengan
total PDRB sebesar 2.303,505 Triliun. PDRB jawa timur tersebut menyumbang
hingga 15% untuk PDB Indonesia
Sementara itu, PDRB per kapita Jawa timur pada tahun 2021 berada
diangka Rp60.060.488, mengalami kenaikan Rp3.415.570 atau sekitar 6%
dibandingkan tahun 2020 dengan total PDRB per kapita sebesar. Rp56.644.918.
masih dibawah PDB per kapita Indonesia yang ada di angka Rp62,24 Juta.
Dari data tersebut, Kabupaten/kota dengan PDRB terbesar pada 2021
diraih oleh Surabaya, dengan jumlah
sebesar Rp590,228 Triliun atau 24% dari PDRB jawa timur. Sementara itu, PDRB
per kapita tertinggi diperoleh oleh kota Kediri dengan total Rp491.269.681. dan
PDRB terendah diperoleh oleh kabupaten pamekasan dengan total Rp20.689.930.
artinya terdapat selisih hingga Rp470.579.751
Sementara itu tingkat Inflasi Provinsi Jawa Timur, yang
menggambarkan kenaikan harga barang secara umum. Selama perode 2017-2021
cenderung stabil dibawah 3 % dengan kategori rendah
Pembahasan
Berdasarkan Studi yang dilakukan oleh International Monetary Fund
(IMF) tingkat ketimpangan yang tinggi akan berdampak pada ketidakstabilan
politik dan memicu terjadinya konflik sosial. Hal tersebut pada ahirnya bisa
menurunkan tingkat investasi dan menghambat pembangunan. Oleh karena itu,
pemerataan merupakan tujuan pembangunan yang harus direalisasikan
Ketimpangan sendiri bisa dibagi menjadi 2 yaitu ketimpangan pendapatan dan ketimpangan wilayah karena proses dari pembangunan, perbedaan sumber daya dan infrastruktur dan sebagainya. Ketimpangan pendapatan dapat diukur dengan Gini Rasio. Sedangkan ketimpangan wilayah dapat diukur dengan pendapatan per kapita dan Indeks williamson
Ketimpangan
Pendapat
Ketimpangan pendapatan terjadi karena adanya selisih antara
pendapatan masyarakat satu dengan masyarakat lainya. Semakin besar selisih
tersebut, semakin tinggi potensi terjadinya konflik yang dilatar belakangi
ketimpangan pendapatan.
Untuk mengukur ketimpangan pendapatan, digunakan indikator gini
ratio. Gini ratio merupakan suatu alat untuk mendeteksi ketimpangan pendapatan
secara menyeluruh yang ditandai dengan nilai yang berkisar antara 1-0. Bila
Gini Rasio 0, maka setiap individu memiliki pendapatan yang sama. Bila Gini
Rasio 1. Maka 1 individu menguasai seluruh pendapatan
Menurut Michael
todaro, gini rasio bisa diklasifikasikan sebagai berikut:
a. Gini rasio
terletak antara 0,50-0,70 menandakan pemerataan sangat timpang.
b. Sedangkan
apabila nilai terletak antara 0,36-0,49 menunjukkan kesenjangan sedang
c. Sementara
apabila terletak diantara 0,20-0,35 dinyatakan pemerataan relatif tinggi
(merata).
Tahun |
2018 |
2019 |
2020 |
2021 |
2022 |
Gini Ratio |
0.379 |
0.370 |
0.366 |
0.374 |
0.371 |
Selama periode 2018-2022, gini rasio dari jawa timur walaupun masih
fluktuatif, cenderung mengalami penurunan, dari 0,379 pada 2018 menuju 0,371 di
2022. Angka gini ratio jawa timur tersebut masih dibawah angka gini rasio
nasional
Pada tahun 2018, angka gini rasio jawa timur sebesar 0.379, sementara angka
gini rasio Indonesia berada di tingkat 0,384. Lalu pada
tahun 2019, angka gini ratio jawa timur mengalami penurunan sebesar 0.009 poin
menjadi 0.370, sementara gini rasio Indonesia berada di tingkat 0.376. pada tahun 2020, angka gini ratio jawa timur kembali turun menjadi 0.366, sementara gini
rasio Indonesia tetap berada di tingkat 0.376. namun pada tahun 2021, saat
ekonomi dunia terguncang oleh covid-19, gini ratio jawa timur kembali mengalami
kenaikan menjadi 0.374, begitu juga dengan gini ratio Indonesia yang naik
menjadi 0.379. barulah pada tahun 2022 gini rasio jawa timur kembali turun ke
angka 0.371.
Dengan rata rata gini ratio pada 2018-2022 mencapai 0.372, jawa
timur dikategorikan sebagai provinsi dengan tingkat kesenjangan pendapatan yang
sedang, hasil tersebut masih menunjukkan bahwa hasil pembangunan masih belum
bisa dinikmati secara merata oleh seluruh kelompok masyarakat di Provinsi Jawa
timur, sehingga masih perlu dilakukan upaya pemerataan agar ketimpangan
pendapatan tersebut terus mengalami penurunan
Ketimpangan
wilayah
Perbedaan sumber daya, karakteristik wilayah, akumulasi modal, kebijakan pembangunan dan lain sebagainya akan mengakibatkan ketimpangan pembangunan antar wilayah. Ketimpangan tersebut dapat dianalisis melalui indeks Williamson yang menggunakan PDRB per kapita sebagai data dasar. Indeks Williamson sendiri dapat diukur menggunakan formula sebagai berikut :
Jika nilai IW
menjauhi 0 (nol), menunjukkan bahwa tingkat ketimpangan pembangunan antar
daerah dalam wilayah tersebut semakin besar dan Jika nilai IW mendekati 0
(nol), menunjukkan bahwa tingkat ketimpangan pembangunan antar daerah dalam
wilayah tersebut semakin kecil. Dimana :
·
Ketimpangan dikatakan tinggi
jika IW > 0.5
·
Ketimpangan dikatakan sedang
jika IW antara 0,35 - 0,5
·
Ketimpangan dikatakan rendah
jika IW < 0,35
Berikut ini
merupakan data PDRB per kapita kabupaten/kota di provinsi jawa timur
Kab/Kota dg Total 38 Kab/Kota |
PDRB Per Kapita |
|
2020 |
2021 |
|
Pacitan |
26.931.805 |
27.806.446 |
Ponorogo |
21.608.144 |
22.336.398 |
Trenggalek |
25.049.068 |
26.123.709 |
Tulungagung |
35.076.965 |
36.628.159 |
Blitar |
29.437.505 |
30.721.853 |
Kediri |
24.843.239 |
25.960.837 |
Malang |
38.436.240 |
40.113.990 |
Lumajang |
28.645.943 |
29.880.383 |
Jember |
29.975.610 |
31.786.885 |
Banyuwangi |
47.480.437 |
49.995.868 |
Bondowoso |
25.684.435 |
27.040.879 |
Situbondo |
29.215.691 |
30.798.867 |
Probolinggo |
29.258.063 |
30.802.998 |
Pasuruan |
90.656.793 |
97.499.387 |
Sidoarjo |
94.699.398 |
100.693.140 |
Mojokerto |
73.212.421 |
77.529.360 |
Jombang |
30.248.956 |
31.485.451 |
Nganjuk |
24.097.248 |
25.280.193 |
Madiun |
25.414.120 |
26.341.644 |
Magetan |
27.982.505 |
29.055.097 |
Ngawi |
23.298.474 |
23.832.479 |
Bojonegoro |
53.976.729 |
63.810.701 |
Tuban |
52.022.016 |
54.774.766 |
Lamongan |
29.140.024 |
30.266.359 |
Gresik |
102.399.683 |
109.373.225 |
Bangkalan |
21.963.886 |
23.013.645 |
Sampang |
20.462.125 |
21.096.904 |
Pamekasan |
19.755.146 |
20.689.930 |
Sumenep |
29.125.713 |
31.143.844 |
Kota Kediri |
461.673.106 |
491.269.681 |
Kota Blitar |
44.975.159 |
47.303.004 |
Kota Malang |
85.520.437 |
90.678.196 |
Kota Probolinggo |
46.209.248 |
48.502.915 |
Kota Pasuruan |
38.686.384 |
40.524.417 |
Kota Mojokerto |
49.745.534 |
52.036.437 |
Kota Madiun |
70.546.945 |
74.645.663 |
Kota Surabaya |
192.918.728 |
204.920.070 |
Kota Batu |
74.706.871 |
78.456.858 |
Jawa Timur |
56.644.918 |
60.060.488 |
Dari data
tersebut dapat dilihat bahwa terdapat ketimpangan pendapatan antar wilayah yang
signifikan di jawa timur, dimana pada 2021 PDRB per kapita tertinggi diperoleh
oleh kota Kediri dengan total Rp491.269.681. dan PDRB terendah diperoleh oleh
kabupaten pamekasan dengan total Rp20.689.930. artinya terdapat selisih hingga
Rp470.579.751, dengan kata lain PDRB per kapita Kediri adalah 23,7 kali lipat
PDRB per kapita pamekasan.
Dari data tersebut terlihat beberapa kota yang PDRB
per kapitanya sendiri sangat jauh di atas rata rata PDRB per kapita Jawa timur
yang pada 2021 berada di angka Rp60.060.488. yang paling ekstrim adalah kota Kediri dengan total Rp491.269.681.
juga kota kota lain seperti kota Surabaya dengan Rp204.920.070 , Kota Gresik dengan Rp109.373.225, sidoarjo dengan Rp100.693.140,
pasuruan dengan Rp97.499.387 dan Kota Malang dengan Rp90.678.196
Tredapat pula
beberapa kota/kabupaten yang PDRB per kapitanya jauh di bawah rata rata
provinsi. Seperti bangkalan, sampan, pamekasan, ngawi dan lain lain. Yang
masing masing pdrbnya kurang dari Rp25.000.000. atau tidak sampi setengah dari
rata rata provinsi.
Sementara itu untuk data indeks Williamson jawa timur sebagai berikut
Tahun |
2016 |
2017 |
2018 |
2019 |
2020 |
indeks williamson |
0.93 |
0.94 |
0.94 |
0.95 |
0.97 |
Dari data
tersebut bisa disimpulkan bahwa ketimpangan di jawa timur pada periode
2016-2020 berada di kategori tinggi. Dengan tren indeks Williamson yang
cenderung naik setiap tahunnya, mulai dari 0.93 pada 2016 hingga 0,97 pada 2020
dengan rata rata mencapai 0,946. Perlu diingat bahwa value maksimum indeks
Williamson adalah 1. Sehingga hasil tersebut menujukkan adanya kegagalan dalam
melakukan pemerataan pembangunan di jawa timur.
Ketimpangan
wilayah di jawa timur bisa dipahami sebagai pengaruh kebijakan pembangunan yang
fokus ke pusat-pusat pertumbuhan. Perkembangan pusat pertumbuhan diharapkan
dapat memberikan trickle down effect ke wilayah sekitarnya dan melakukan
distribusi pendapatan. Namun yang terjadi justru pusat pertumbuhan yang
menyerap sumber daya dari wilayah sekitarnya. Sehingga pusat pertumbuhan terus
berkembang namun wilayah sekitarnya terhambat.
Wilayah seperti
Surabaya yang merupakan pusat perekonomian, industri dan pemerintahan di jawa
timur, beserta kota kota satelitnya seperti pasuruan, sidoarjo dan gresik
menyerap tenaga kerja produktif dan investasi dari wilayah sekitar, seperti
lamongan, sumenep, pamekasan dan sampang. Sehingga hasil produksi mereka jauh
di atas rata rata
Hal yang sama
juga terjadi pada kota Kediri, namun dalam taraf yang lebih ekstrim. Dimana
kota Kediri adalah kota dengan PDRB per kapita terbesar di Indonesia. Hal
tersebut terjadi salah satunya karena Kediri merupakan merupakan pusat
perdagangan utama untuk gula dan industri rokok di Indonesia. Di kota ini,
perusahaan rokok terbesar dan tertua di Indonesia berdiri yaitu PT gudang
garam. Factor lainnya adalah jumlah penduduk kota Kediri yang cenderung
sedikit, sehingga PDRB per kapita bisa semakin tinggi.
Kabupaten dan
kota lain yang bukan merupakan pusat pertumbuhan akan sulit berkembang. Karena
sekali lagi, sumber daya dan potensi penanaman modal mereka diserap oleh pusat
pertumbuhan. Sehingga jika tidak ada tindakan yang diambil. Kondisi ketimpangan
tersebut akan semakin parah
Kesimpulan
dan Saran
Kesimpulan
Dari hasil
analisis yang telah diuraikan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut
1. pertumbuhan ekonomi yang pesat
tidak secara otomatis meningkatkan taraf hidup masyarakat. Tanpa adanya
pemerataan distribusi pendapatan, jurang ketimpangan akan semakin lebar.
2. Gini rasio Provinsi Maluku
sebesar 0.371 pada periode 2022. Yang artinya ketimpangan pendapatan di jawa
timur masih dalam kategori ketimpangan sedang.
3. Indeks Williamson jawa timur
dari tahun 2016-2020 mengalami tren kenaikan dengan rata-rata indeks pertahun
mencapai 0,946 yang artinya ketimpangan pembangunan antar wilayah di jawa timur
berkategori tinggi
Saran
1. Konsolidasi antar daerah atau Kabupaten/Kota dengan pemerintah Provinsi dengan membuat perencanaan pembangunan terstruktur untuk meminimalisir ketimpangan
Membangun konektivitas ekonomi antar daerah dengan pembangunan infrastruktur dan sarana informasi yang seimbang. Konektivitas ini akan menyebabkan transfer sumber daya alam dan tenaga kerja akan lebih efisien.
3. Pemerintah Daerah perlu
menyediakan infrastruktur yang memadai dan mengembangkan sektor potensi yang
ada pada daerah tertinggal, sehingga dapat menjadi penggerak perekonomian.
Komentar
Posting Komentar